Sejarah Gampong Tanjong Hagu

Meunasah Tanjong Hagu

TANJONGHAGU.DESA.ID – Tanjong Hagu berasal dari dua suku kata yaitu “tanjong” dan “hagu”. Dalam bahasa indonesia tanjong adalah daratan yang menjorok ke laut sedangkan tanjong disini adalah daratan yang menjorok ke sawah. Karena Gampong Tanjong Hagu berada tepat di tengah hamparan sawah yang luas. Namun sekarang sedikit demi sedikit sawahnya dijadikan menjadi lahan pemukiman dan sekolah. Adapun kata hagu berasal dari sebuah nama pohon bernama pohon hagu. Dulunya pohon ini banyak terdapat di gampong ini. Namun sekarang pohon ini hanya tinggal satu lagi yang berada di sebelah timur gampong dengan ukuran yang besar.

Gampong tanjong hagu sudah ada semenjak zaman penjajahan Belanda dan sudah memiliki pemerintahn sendiri. Adapun keucik sekarang ini adalah yang orang yang kelima. Sebelumya sudah ada keucik dengan menjabat beberapa periode berturut-turut. Dulu satu orang keucik dapat memenangkan pemilihan beberapa kali secara berturut karena tidak adanya pengganti yang dianggap pantas.

Luas dari gampong ini dulunya lumayan luas dimana bagian selatan dulunya sampai ke jalan Banda aceh-Medan. Namun setelah adanya perpecahan Gampong Dayah Bubue, maka sawah diselatan gampong yang dibatasi oleh jalan aspal ditarik ke dalam daerah kekuasaan Gampong Dayah Bubue.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan